Rabu, September 10, 2008

Membuat Paper Motif Kotak

Karena blog ini merupakan tempat belajar sekaligus menampung hasil kreasi aku, jadi sekarang aku mau berbagi dengan para bloggers gimana membuat paper dengan motif kotak. Kali aja, ada diantara temans yang mau berbagi dengan memberikan tips atau trik lainnya... ;)
Sebelumnya mohon maap ya kalo ada bahasa yang kurang tepat n kurang dimengerti, soalle bukan penulis asli :D
  1. 1. Buka Program Photoshop dan tekan Ctrl+N atau Klik File - New

  2. 2. Masukkan Nilai Width: 50 pixels, Height:50 pixels, Resolution 300 pixels/inch. Mode : RGB Color, Background Transparent. Klik OK.

  3. 3. Tekan Ctrl++++ untuk memperbesar (zoom) kanvas.

  4. 4. Klik Marquee Tool pilih bentuk kotak, pada Options Bar pilih Feather: 0 px, Style: Fixed Size, Width :25px, Height :25px.

  5. 5. Klik di sudut kiri atas kanvas untuk membuat seleksi seperti berikut :


    Tips : Sebelum diklik pastikan kursor berada TEPAT di sudut kanvas.

  6. 6. Klik Foreground Color, pilih warna putih (#ffffff),OK. Klik Paint Bucket Tool lalu klik pada kanvas yang terseleksi.

  7. 7. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

  8. 8. Ulangi point No. 4

  9. 9. Lakukan seperti point 5 tetapi di sudut kanan atas kanvas.

  10. 10. Klik Foreground Color, pilih warna (#ffcccc),OK. Klik Paint Bucket Tool lalu klik pada kanvas yang terseleksi. Tekan Ctrl+D. Penampakannya seperti ini :


  11. 11. Ulangi point No. 4

  12. 12. Klik di sudut kiri bawah kanvas untuk membuat seleksi.

  13. 13. Ulangi point No.10. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

  14. 14. Ulangi point No. 4, klik di sudut kanan bawah kanvas, set Foreground Color dengan warna (#ff9999), OK. Pilih Paint Bucket Tool dan klik pada kanvas yang terseleksi. Tekan Ctrl+D. Hasil penampakannya seperti ini :


  15. 15. Ini akan menjadi dasar motif kotak, selanjutnya motif ini kita jadikan motif Pattern. Klik Edit trus pilih Define Pattern, akan muncul kotak navigasi dan beri nama "Motif Kotak" seperti ini :

  16. 16. Selanjutnya buka canvas baru dengan menekan Ctrl+N, masukkan nilai Width: 800 pixels, Height:800 pixels, Resolution 72 pixels/inch. Mode : RGB Color, Background Transparent. Klik OK. (Karena ini akan menjadi ukuran paper jadi ukuran panjang dan lebarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.)

  17. 17. Setelah muncul canvas baru yang transparant,pilih Paint Bucket Tool dan pada Options Bar pilih Fill : Pattern, Pattern : Motif Kotak, Mode : Normal, Opacity : 100% seperti ini :


    Selanjutnya klik pada kanvas, dan jadilah paper dengan motif kotak :

  18. 18. Selamat berkreasi!

Note : Ukuran motif kotaknya bisa diatur sesuai keinginan (besar atau kecil), atur pada dasar ukuran motif (point No. 2 dan No.4)

3 komentar:

Diah Alsa mengatakan...

waaaahh salute deh tuk BUnda, langsung nongol tutorialnya, thanks yaa Bunda sayang.... kyknya simple niihh... mw coba ahhhh tapi kapan2 :D

thanks so much yaa Bunda cantik nan baik hati ;)

astin mengatakan...

ayuuk tutorial yang lainnya bun...jangan kelamaan, banyak yang nunggu ni

Anonim mengatakan...

Aku pake PS 7. Options Bar tuh yang ada dibagian kiri atas. Fungsi feather di Marquee tools menentukan besar sudut. *hiks susah juga ya jelasinnya, moga aja dimengerti*. Jadi kalo feather-nya 0px maka kotaknya sudutnya 90 gitu... :D